Bihun goreng Versus Tanghun goreng

By Diari Upik Abu - Juli 28, 2023

˚₊𓆩༺🕷༻𓆪₊˚  

Hai, Guys.

Jumpa lagi dengan Upik Abu.

Salam hangat.

Mungkin para lovers bingung membedakan antara tanghun dan bihun. Padahal kalau dimasak dengan cara digoreng kelihatan keduanya sama persis bukan? Nach di sini kita akan mencoba mengupas kedua makanan tersebut.

Dimulai dengan tanghun ya, apa kalian tahu tanghun disebut juga sebagai soun. Soun sebenarnya berasal darimana? Soun berasal dari Cina, dalam bahasa Mandarin dan Kanton ia sering disebut sebagai “Fan sa” dan “Fan si” yang berarti berarti mie benang. 


foto credits here  

Perbedaannya dari bihun, soun atau tanghun ini terbuat dari pati kacang hijau, umbi (kentang, ubu jalar, dan tapioka), sagu, dan aren. Berbeda negara, berbeda pula bahan baku pembuatan soun atau tanghun ini.

Di Indonesia, soun terbuat dari bahan dasar pati tapioka atau pati sagu aren. Di Cina, ia terbuat dari pati kacang hijau. Di Korea terbuat dari pati ubu jalar. Bahkan di Jepang terbuat dari pati kentang. Dalam masakan Indonesia Soun biasanya digunakan sebagai bahan dalam masakan bakso, tekwan, soto, pempek, kimlo dan lain sebagainya.

Sementara itu Bihun berasal dari bahasa Cina, dimana “bie” yang berarti beras dan “hun” yang berarti tepung. Sehingga Bihun secara harfiah berarti tepung beras. Namun Guys, ternyata kedua penganan ini berbeda jauh. Disebut juga dengan bihon, bifun, mehon dan lain sebagainya. Cara pembuatannya beras digiling menjadi tepung lalu dimasak dan dicetak menjadi benang. Kemudian dikeringkan dan dijual dalam lipatan empat persegi panjang. Dalam masakan Indonesia sering kali Bihun dipergunakan untuk bakso, ketoprak, isi lumpia dan lain sebagainya. Digoreng juga enak Guys, apalagi ditambah dengan kerupuk lebih sempurna.

Bentuk tekstur keduanya juga berbeda, tekstur Bihun cenderung lebih rapuh dan mudah patah baik saat masih kering. Sementara Soun memiliki tekstur yang lebih kuat dan lentur ketika masih dalam keadaan kering. Namun, keduanya harus direndam dulu ya Guys baru dimasak walaupun ada yang tidak melakukannya. Kalau Upik Abu lebih senang direndam dulu Guys, biar teksturnya menjadi lembut dan enak.

Nach para lovers, sekarang sudah paham bukan perbedaan keduanya? Dibawah ini akan diberikan resep masakan Soun atau Tanghun, dijamin akaan menggoyang lidah para lovers.


foto credit here

Resep Soun Goreng ala Shanghai


Bahan:

- 75 gram pee chay (kubis Tiongkok), potong memanjang

- 3 buah rebung, potong memanjang

- 7 buah jamur shitake, rendam terlebih dahulu dan iris memanjang

- 50 gram bawang putih, cincang halus

- 200 ml kaldu

- 250 gram soun, cuci dan rendam terlebih dahulu

- 100 ml air mendidih

- 100 gram udang cincang

- 200 gram filet ayam, cincang halus


Bumbu:

- 2 sdt garam

- 1 sdt gula pasir

- 1 sdt penyedap rasa

- ½ sdt merica bubuk

- 1 sdt kaldu bubuk instan rasa ayam

- 1 sdm kecap asin

- 2 sdm kecap asin

- 5 sdm minyak

- (opsional: 2 sdt minyak wijen)


Cara membuat:

Langkah pertama:

1. Panaskan minyak goreng, lalu tumis udang dan ayam hingga berubah warna dan matang.


Langkah kedua:

1. Masukkan bawang putih, pee chay atau kubis Tiongkok, rebung, jamur, dan semua bumbu ke dalam tumisan. Tambahkan kaldu, aduk rata hingga semua sayur dan bumbu tercampur merata.

2. Selanjutnya, masukkan soun yang telah direndam. Masak hingga soun matang dan meresap semua bumbu dengan baik.

3. Setelah matang, sajikan Soun Goreng ala Shanghai Anda. Jika suka, tambahkan bawang goreng sebagai tambahan hidangan yang gurih dan nikmat.


Resep Soun Goreng ala Shanghai ini menyajikan hidangan mie soun yang lezat dan bergizi. Perpaduan berbagai sayuran, udang, dan ayam dengan bumbu-bumbu khas memberikan cita rasa yang kaya dan menggugah selera. Cocok dihidangkan sebagai hidangan utama untuk keluarga atau acara makan bersama teman-teman. Selamat mencoba dan nikmati sajian soun goreng yang lezat ini!

/) /)
ପ(˶•-•˶)ଓ ~ ~ ~ ♡ 
/づ づ 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar