Kegunaan Chia Seed, Biji-Bijian yang Menyehatkan, Bukan Biji Selasih ya!

By Diari Upik Abu - Juli 21, 2023

˚₊𓆩༺🕷༻𓆪₊˚  

Hai Guys.

Jumpa lagi dengan Upik Abu. 

Kali ini dalam lifestyle hidup sehat kita akan mengupas biji-bijian sehat. Chia Seed. Apakah kamu pernah mendengar namanya? Meski ukurannya kecil, namun jangan anggap remeh ya. Manfaat chia seed bagi kesehatan tubuh sangat besar. Di kalangan pecinta organik, biji-bijian ini biji-bijian ini dapat dikonsumsi secara rutin dengan mencampur berbagai jenis makanan.

 


photo via eatthisnotthat

Kata Chia berasal dari tanaman Salvina hispanica, salah satu jenis tanaman mint. Tanaman ini banyak dijumpai di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun kini sudah banyak dijumpai di Indonesia dan merupakan salah satu makanan favorit banyak orang.

Mengandung nutrisi sebagai berikut: karbohidrat, protein, serat serta omega -3 dan omega -6. Selain itu biji-bijian ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, selenium, kalium, zat besi dan magnesium.

Chia seed juga mengandung sejumlah antioksidan seperti asam klorogenik, caffeicacid, quercetin dan kaempferol.

Adapun manfaat chia seed antara lain:


1.      -Dipercayai dapat menjaga kesehatan tulang kita.

Mengapa demikian? Mengandung protein dan beragam mineral seperti kalsium, mangan dan magnesium serta fosfor. Semua itu diperlukan oleh tubuh kita dan sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

2.     -Menurunkan berat badan (diet).

Mengandung banyak serat sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga bagus sekali untuk orang yang sedang berdiet. Namun harus tetap mengikuti hidup pola sehat.

3.    -Menjaga kesehatan jantung.

Karena mengandung protein, serat, antioksidan dan lemak baik yang diketahui baik untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian biji kecil ini dapat melindungi jantung kita dari pengerasan pembuluh darah dan selalu jadi momok untuk manusia sekarang ini, yup penyakit jantung.

4.    -Menjaga kadar gula darah.

5.    -Meredakan gejala diverticulitis.

Seratnya yang tinggi membuat biji chia dapat dipercaya mengatasi dan meredakan gejala divertikulitis. Dapat juga memperlancar pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Saran penyajiannya: untuk mengkomsumsinya kita dapat merendamnya di air sehingga bentuknya menjadi kenyal kemudian dapat dikonsumsi bersama dengan makanan lain seperti youghurt, pudding atau yang lainnya.


Nach, Guys. Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Sampai jumpa lagi di edisi sehat berikutnya!

/) /) ପ(˶•-•˶)ଓ ~ ~ ~ ♡ /づ づ

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar