Hitam Manis Si Lompong Sagu yang Langka dan Berasal Dari Padang

By Diari Upik Abu - Juli 21, 2023

˚₊𓆩༺🕷༻𓆪₊˚  

Hai Guys,

Salam hangat.

Senang bisa bertemu lagi, kali ini kita akan mencoba kue tradisional dari Minang. Makanan ini sudah jarang ditemui, oleh karena itu makanan ini termasuk sangat langka dijumpai dewasa ini. Kue yang terbuat dari tepung sagu yang diaduk bersama pisang kepok tapi kadang kala ada juga yang memakai pisang raja, rasanya sangat enak. Kenyal namun terasa legit. Dulu, makanan ini termasuk makanan favorit Upik Abu ketika masih kecil. Kue ini dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang. Aromanya, hmmm. Amboii nikmat benar. 


photo via idntimes

Mengapa penganan ini dikatakan lompong sagu? Karena  memiliki aroma yang khas karena kue ini menggunakan bahan pewarna alami dari talas. Abu batang talas dibakar kemudian disaring dan diambil airnya, maka air inilah yang membuat kue lompong sagu berwarna hitam.

Setidaknya di era sekarang banyak muncul makanan kekiniian. Lompong sagu juga ikut tergerus seiring pergantian zaman. Namun, tidak ada salahnya kalau kita dapat mengubah wajah lompong sagu menjadi  kue kekinian agar kembali digemari kawula muda. Mungkin ada di antara kalian Guys yang bersedia mengubah wajah lompong sagu? Padahal bahan-bahannya mudah sekali didapatkan. Misalkan dengan menambah taburan keju atau coklat warna-warni di atasnya? Siapa tahu kue ini dapat menempati hati kaum muda lagi.


Resep Lompong Sagu

Bahan-bahan:

- 100 gr gula pasir.

- 200 gr sagu aren.

- 500 gr pisang yang sudah matang.

- 100 gr kelapa parut.

- Sejumput garam.

- Secukupnya daun pisang dan lidi.


Cara membuat:

Langkah 1:

Campurkan semua bahan dalam wadah dan aduk hingga merata. Gabungkan gula pasir, sagu aren, pisang yang sudah matang, kelapa parut, dan sejumput garam menjadi satu.


Langkah 2:

Ambil 2 sendok makan adonan dan masukkan ke dalam daun pisang, gulung sambil dipadatkan hingga rapat. Ikat ujungnya dengan lidi agar rapat dan rapi.


Langkah ketiga:

Panaskan wajan dan susun lompong sagu di atasnya. Panggang lompong sagu dengan api kecil hingga matang dan mendapat sedikit kecoklatan.


Resep lompong sagu ini memberikan cita rasa lezat dengan perpaduan gula pasir yang manis, sagu aren yang kenyal, dan kelembutan dari pisang yang sudah matang. Kelapa parut memberikan aroma yang khas dan gurih pada kudapan ini. Semua bahan yang digunakan mudah ditemukan di pasar atau toko terdekat. Jadi, Anda bisa dengan mudah mencoba membuat lompong sagu ini sebagai camilan spesial untuk keluarga. Selamat mencoba! 

Semoga ada yang bisa mengubah wajah penganan ini menjadi makanan kekinian yang ditunggu semua kalangan ya. Semoga saja….

/) /) ପ(˶•-•˶)ଓ ~ ~ ~ ♡ /づ づ

 

 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar