Kue Ikan yang Menggiurkan “ Bungeoppang” dari Drama Korea Vicenzo

By Diari Upik Abu - Juli 21, 2023

˚₊𓆩༺🕷༻𓆪₊˚  

Hai Guys.

Jumpa lagi dengan Upik Abu, salam hangat semuanya


photo via idntimes

Sekarang kita akan mereview penganan yang berasal dari Korea Selatan yang bernama Bungeoppang.  Rumor mengatakan kalau Bungeoppang sebenarnya berasal dari camilan Jepang yang dikembangkan pada akhir ke 19. Di Jepang bernama taiyaki. Tidak heran bukan? Budaya kedua negara ini sangat erat. Sudah pasti ada kemiripan pada cita rasa pada makanan kedua negara ini. Di Jepang ukurannya lebih kecil dari pada negara Korea Selatan. Camilan ini berbentuk ikan. Rasanya manis dan legit, dimana teksturnya yang renyah numun, lembut di bagian dalamnya. Isian biasanya pasta kacang merah, kadang kala dikreasikan dengan isian berupa krim custard.

Ikan ini membawa keberuntungan, dan di Jepang disebut mirip dengan ikan Tai. Nach, Guys kalau kamu ke negara Korea Selatan sebaiknya kamu membeli ikan ini ya. Siapa tahu kamu akan mendapatkan jodoh Oppa-oppa tampan dari negeri Ginseng.

Nach Guys, jangan bingung ya membedakan kedua  penganan ini. Walaupun bentuk mereka hampir sama namun nama kedua camilan ini berbeda ya. Bungeoppang dan Taiyaki karena tidak sedikit orang yang tidak dapat membedakan kedua jenis penganan ini, jadi kalau kamu sendiri tidak bisa membedakannya jangan malu ya, kamu tidak sendirian guys. Masih banyak kesamaan makanan antar kedua negara seperti sushi milik Jepang dan kimbap milik orang Korea, ramen milik orang Jepang dan ramyun orang korea, okonomiyaki milik orang Jepang dan pajeon milik orang Korea. Kedua negara tetangga ini mirip negara kita dengan negara Malaysia. Tidak heran bukan? Karena serumpun.

 

Bungeoppang adalah nama khas korea, dimana bungeo berarti Carassius sejenis ikan dan ppang berarti roti. Makanan ini pertama kali dibawa oleh orang Jepang ke Korea pada  tahun 1930 an. Baiklah dibawah ini kita dapat melihat resepnya. Siapa tahu ada yang berminat mencobanya.

 

Resep Bungeoppang


Bahan-bahan:

- 1 sdt soda kue

- 2 sdm madu (bisa dikurangi jika tidak terlalu manis)

- 260 gr tepung terigu serba guna

- 120 ml air

- 4 butir telur

- 160 gr gula pasir

- Isi (pilihan):

  - Chocochip

  - Custard


Cara membuat:

Langkah 1:

1. Campurkan semua bahan kecuali bahan isi dalam satu wadah. Aduk rata dan tutup wadah dengan plastik wrap. Diamkan selama kurang lebih 1 jam. Proses ini akan membuat adonan menjadi lebih mengembang dan elastis.


Langkah 2:

1. Panaskan cetakan dengan api sedang. Pastikan cetakan tidak terlalu panas agar kue tidak gosong.

2. Cetak adonan di dalam cetakan sampai matang, sehingga kulit bagian luar menghasilkan warna keemasan yang menggiurkan.


Bungeoppang adalah kue manis yang populer di Korea Selatan. Kue ini memiliki bentuk unik seperti ikan kecil yang menggembirakan. Anda bisa memilih isi kue sesuai selera, antara chocochip atau custard, untuk memberikan variasi rasa yang menarik. Bungeoppang bisa dinikmati sebagai camilan lezat dan mengenyangkan kapan saja. Sajikan dalam keadaan hangat agar sensasi kenyal dan manisnya semakin nikmat. Selamat mencoba dan semoga kue Bungeoppang Anda menjadi favorit di meja makan!

Untuk para Mom jika Anda mencobanya pasti buah hati Mom sangat menyukai penganan ini. Bahkan bisa juga Mom menjadikannya sebagai usaha sampingan bukan? Karena makanan ini memiliki daya tarik, selain kesannya imut juga rasanya enak. Silahkan mencoba….

/) /) ପ(˶•-•˶)ଓ ~ ~ ~ ♡ /づ づ

 

 

 

 

 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar