Si Legit Clorot Khas Purworejo

By Diari Upik Abu - Juli 21, 2023

˚₊𓆩༺🕷༻𓆪₊˚  

Hai Guys.

Salam Hangat untuk para sahabat Upik Abu.


Kali ini, Upik Abu kembali lagi dengan membawa sebuah kuliner unik nan lezat

Ketika di Bali, Upik Abu terkejut melihat suguhan kue di salah satu resort di sana. Kue tersebut bentuknya sangat unik, karena di bungkus dengan kulit janur. Rasanya enak, manis dan legit. Kebetulan manisnya pas di lidah Upik Abu. Selidik punya selidik ternyata kue tersebut adalah kue yang disajikan khusus perayaan Nyepi. Walaupun banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional Bali. Bentuknya yang kecil menyerupai kerucut seperti tanduk membuat Upik Abu semakin penasaran. Begitu tersaji dengan secangkir teh langsung saja Upik Abu mengeseksusinya. Janur pembungkus kue langsung dibuka, dan isinya berwarna coklat kenyal langsung saja berpindah ke mulut. Yummi, enak dan legit. Sayang, pada saat itu jadwal Upik Abu sangat padat. Kalau tidak pasti akan berburu kue ini lagi. Si kecil Unik ini biasa disebut dengan clorot.


photo via inibaru

Ssst, kalian tahu tidak ternyata ada beberapa daerah juga yang mempunyai penganan yang sama dengan cerorot ini. Kita lihat di Purworejo namanya clorot, bahkan juga bernama jelurut. Kalau jelurut, kudapan ini dapat dijumpai di Malaysia dan Brunei. 

Ternyata selain rasanya yang lezat dan unik ternyata kue ini cukup sederhana pembuatannya. Kue ini ternyata bisa dibuat langsung di rumah lho. Jika ada yang berminat bolehlah mencoba resep yang akan Upik Abu bagikan dibawah ini.


Resep Kue Clorot

Bahan-bahan:

- 175 gr gula merah.

- 2 helai daun pandan, ikat simpul.

- ¼ sdt garam.

- 125 gr tepung beras.

- 50 gr tepung tapioka/sagu/kanji.

- 400 ml santan kental.

- Daun janur atau daun pisang sebagai pembungkus.


Cara membuat:

Langkah pertama:

1. Campur santan, gula merah, dan garam dalam panci, lalu didihkan sambil diaduk hingga rata.

2. Setelah itu, dinginkan dan saring agar mendapatkan cairan santan gula yang halus.


Langkah kedua:

1. Di dalam panci lain, campurkan tepung beras dan tepung tapioka.

2. Tuangkan campuran santan dan gula merah yang sudah didinginkan tadi ke dalam panci berisi tepung. Aduk hingga rata dan terbentuk adonan yang kental.


Langkah ketiga:

1. Buat wadah kerucut dari daun janur atau daun pisang.

2. Gulung adonan kue cerorot menyerupai kerucut dan sematkan dengan lidi agar tetap dalam bentuknya.


Langkah keempat:

Ambil wadah stainless dan isi dengan adonan di setiap wadah kerucut yang sudah dibuat.


Langkah kelima:

Kukus kue cerorot selama 20 menit hingga matang sempurna.


Resep di atas dapat menghasilkan 18 buah kue cerorot yang lezat dan manis. Kue cerorot ini memiliki aroma harum dari daun pandan yang ikut memberikan kenikmatan saat disantap. Rasanya yang legit dan gurih akan membuat Anda ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi. Sajikan kue cerorot ini dalam acara keluarga atau teman-teman sebagai camilan spesial yang pasti akan disukai semua orang. Selamat mencoba dan nikmati kelezatannya!

/) /) ପ(˶•-•˶)ଓ ~ ~ ~ ♡ /づ づ

 

 

 

 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar