Tidur Yang Nyenyak dan Cukup Salah Satu Pola Hidup Sehat

By Diari Upik Abu - Juli 21, 2023

˚₊𓆩༺🕷༻𓆪₊˚  

Hai Guys.

Salam hangat, bersama Diari Upik Abu.

Salah satu pola hidup sehat adalah tidur yang cukup. Sederhana bukan? Namun, kita selalu mengabaikannya. Apalagi kalau kerjaan kita bertumpuk dan terpaksa dech kita harus mengurangi jam istirahat kita. Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia. Jangan katakan kita tidak membutuhkannya. Di bawah ini kita dapat melihat beberapa manfaat tidur bagi manusia.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika tidur, tubuh akan menghasilkan protein yang disebut sitokin. Sitokin memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dengan meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh dapat lebih baik dalam melawan penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang optimal. Jadi hanya dengan tidur saja kekebalan tubuh kita meningkat. Bukankah itu sangat luar biasa?


photo via halodoc

2. Mengendalikan nafsu makan


Ketika kita tidur dan beristirahat di malam hari, kebutuhan kalori cenderung berkurang karena aktivitas fisik yang minim. Akibatnya, kebutuhan energi pun menurun. Oleh karena itu, tidur yang cukup sangat penting, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Meskipun terlihat sederhana, namun dampaknya bisa luar biasa. Dengan tidur yang cukup, tubuh memiliki kesempatan untuk pulih dan beristirahat dengan baik, sehingga membantu menjaga keseimbangan energi dan mendukung keberhasilan program diet. Jadi, jangan anggap remeh peran tidur yang berkualitas dalam upaya mencapai tujuan penurunan berat badan. [Saat Anda tidur dan beristirahat  pada malam hari, kebutuhan kalori sudah pasti berkurang karena minimnya pergerakan. Sehingga membuat kebutuhan energi menjadi menurun. Jadi dengan tidur yang cukup sangat penting untuk orang yang sedang menjalani program diet bukan? Sederhana tetapi jika kita lakukan hasilnya akan luar biasa.


3. Menjaga kesehatan jantung


Tidur yang cukup juga memiliki manfaat untuk menurunkan berbagai risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi) dan serangan jantung.



photo credits here

4. Menjaga Suasana hati lebih senang.


Apabila kamu tidur dengan cukup waktu, kamu akan merasa segar dan bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu akan berpengaruh pada hasil yang kamu capai, yang pastinya akan membuatmu merasa senang. Dengan begitu, kamu akan selalu bahagia karena merasa puas dengan pencapaian yang telah kamu raih. Jadi, jangan juga remehkan pentingnya tidur yang cukup untuk menjaga semangat dan kebahagiaan dalam menjalani hidup ya! [Jika kamu tidur dengan waktu yang cukup Guys, maka kamu akan dapat melakukan aktivitas dengan baik dan penuh semangat. Sehingga hasil yang dapat kamu raih pasti  menyenangkan juga. So, pasti kamu akan selalu bahagia karena kamu puas dengan pencapaian yang kamu dapatkan.



photo credits here

5. Meningkatkan daya ingat.


Tubuh memang sangat membutuhkan tidur agar dapat memberikan istirahat yang cukup untuk seluruh anggota tubuh kita. Setiap waktu yang kita habiskan untuk beristirahat akan membuat daya ingat kita semakin kuat. Oleh karena itu, tidur yang berkualitas penning dalam mendukung kesehatan dan kinerja otak kita. Dengan tidur yang cukup, kita dapat memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran kita untuk pulih sepenuhnya, sehingga dapat berfungsi dengan lebih baik dan optimal dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jadi, jangan lupa untuk memberikan waktu yang cukup untuk tidur agar dapat merasakan manfaatnya bagi kesehatan dan fungsi daya ingat kita.



photo credits here

6. Membantu panjang umur.


Ternyata tidur juga dapat membantu memperpanjang umur kita, jadi selain berdoa kita juga mengoptimalkan tidur kita sesuai dengan waktu tidur yang disarankan oleh kesehatan.

 

 

Menurut berbagai sumber, waktu tidur berdasarkan usia dapat dilihat sebagai berikut:

  • Bayi baru lahir (0–3 bulan): 14–17 jam setiap hari
  • Bayi (4–11 bulan): 12–15 jam setiap hari
  • Balita (1–2 tahun): 11–14 jam setiap hari
  • Prasekolah (3–5 tahun): 10–13 jam setiap hari
  • Usia sekolah (6–13 tahun): 9–11 jam setiap hari
  • Remaja (14–17 tahun): 8–10 jam setiap hari
  • Dewasa muda (18–25 tahun): 7–9 jam setiap hari
  • Dewasa (26–64 tahun): 7–9 jam setiap hari
  • Lansia (65 tahun ke atas): 7–8 jam setiap hari
/) /) ପ(˶•-•˶)ଓ ~ ~ ~ ♡ 
/づ づ 

 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar